Foto Alumni Pelatiha

Jurusan Pendidikan IPS Online – Team GIS and Remote Sensing UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 28 dan 29 Januari 2017 mengadakan kegiatan pelatihan GIS dan Remote Sensing tingkat dasar yang dilaksanakan di Gedung Kopertais. Pemateri/trainer dalam pelatihan ini adalah Bapak Sodikin, S.Pd, M.Si selaku pembina team gis uin syarif hidayatullah jakarta dan Achmad Fauzi, S.Pd yang merupakan alumni dari jurusan pendidikan IPS angkatan 2011. Peserta dalam pelatihan ini dihadiri antara lain dari PT PERTAMINA, Mahasiswa Program Doktor Universitas Indonesia, Mahasiswa Program Doktor Universitas Negeri Jakarta, Mahasiswa Program Magister Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Indonesia, Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa, Mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun, dosen dari Universitas Timbul Nusantara, Perwakilan guru dari SMA N 5 Depok, Perwakilan Guru dari SMA NU Tenajar Kidul Kab. Indramayu, perwakilan guru dari SMA N 1 Cimahi, perwakilan guru Narada School, Mahasiwa UIN Syarif hidayatullah Jakarta, dan beberapa konsultan di Jabodetabek. 

DSC_3654

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan yang dibuka oleh ketua jurusan pendidikan IPS dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Andri Noor Ardiansyah, M,Si, kemudian dilanjutkan dengan acara inti. Di hari pertama di paparkan konsep dasar remote sensing, aplikasi penginderan jauh dasar, dan studi kasus terkait penerapan remote sensing dalam berbagai bidang dengan menggunakan software Er Mapper dan acara hari pertama ditutup pada pukul 17.00 WIB. Kemudian di hari kedua dilanjutkan dengan pelatihan sistem informasi geografi dengan menggunakan sofware ArcGis. Sesi pertama pada hari kedua di paparkan terkait konsep dasar SIG oleh Bapak Sodikin, S,Pd, M.Si kemudian dilanjukan dengan teknis ratifikasi peta, Geoprosesing, dan Lay out peta oleh Bapak Achmad Fauzi, S.Pd. Setelah itu dilanjutkan kembali oleh Bapak Sodikin,S.Pd, M.Si terkait analisis overlay untuk menganalisis daerah potensi rawan longsor. Penutupan acara ini dilakukan pada pukul 18.30 WIB seusai peserta melaksanakan shalat magrib. 

Menurut Bapak Sodikin,S.Pd, M.Si Team GIS and Remote Sensing UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan mengadakan kegiatan pelatihan kembali baik untuk level dasar maupun level lanjutan ” Insyalloh untuk pelatihan kedepan khususnya pelatihan GIS dan RS yang level lanjutan temanya terkait pemanfaatan teknologi remote sensing dan sistem informasi geografis untuk analisis sumberdaya pesisir dan kelautan” ujar beliau selaku trainer dan sekaligus pembina dari Team Gis and Remote Sensing UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Nita Inopianti)

Backdrop Pelatihan SIG Dalam (3x2 M)

2 thoughts on “Pelatihan SIG dan Remote Sensing Tingkat Dasar 2017

  1. Assalammu’alaikum wr wb
    Bapak/Ibu, saya mau informasi pelatihan Remote Sensing dan GIS tingkat dasar kapan akan dilaksanakan lagi?

    Salam,
    Tirta Negara
    08110801282

    1. Insya Allah akan kami laksanakan lagi, untuk waktunya akan kami beritahukan melalui website ini atau website GIS UIN Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *