Penulis Best Seller 1

Tatkala tren drama Korea merambah di Indonesia di awal tahun 2000-an, segera saja masyaratak terutama kalangan remaja menyambutnya dengan suka cita. Tren itu tak hanya ditandai dengan tumbuhnya gaya hidup (lifestyle), seperti gaya rambut dan pakaian, tapi juga pergaulan sosial. Belakangan, Gelombang korea (Korean wife) diperkuat dengan makin banyaknya pecinta musik K-Pop, termasuk model boyband Super Junior (suju).

Tren inilah, yang oleh selly Sulistiawati (21), mahasiswi semester 8 Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, kemuadian dijadikan Inspirasi untuk menulis cerita novel bernuansa Korea. Tak tanggung-tanggung mahasiswa yang memiliki nama pena Senselly itu menulis empat novel sekaligus: Prosecotor Got Married, Ceo’s Scandal, On©e, dan Colover, semuanya diterbitkan Grasindo. Dua novel yang pertama terbit tahun 2013, sedangkan dua novel terakhir terbit tahun 2014.

Menurut selly, panggilan akrabnya, novel fanfiction berjudul Prosecutor Got Married sempat best seller hingga dicetak ulang dua kali dengan sekali cetak sebanyak 3.000 eksemplar. “Alhamdulillah, semua diluar perkiraan saya jika novel itu laris manis di pasaran,” ungkap dara cantik kelahiran Tangerang, 17 Maret 1993 ini.

Selly juga mengaku sangat menyukai segala benduk budaya Korea sejak remaja, mulai film, music, hingga gaya penampilan anak-anak remajanya. Saking sukanya, dia juga mengoleksi berbagai DVD film Korea, termasuk buku-buku fiksi terjemahan, terutama karya Kim Eun Jeong, penulis favoritnya.

Awal menulis novel Korea, menurut Selly, berawal dari tulisan cerita-cerita ringan di blog pribadinya. Dari situ lalu berkembang menjadi tulisan novel yang kemudian diterbitkan Grasindo, penerbit kelompok Kompas Gramedia. “semula saya sndiri tak yakin layak terbit. Tapi setelah dipelajari pihak penerbit ternyata karya saya katanya bagus,” kata selly, yang kini sudah mulai sibuk mengisi talkshow mengenai cerita keempat novelnya itu.

Selly mengungkapkan, dirinya kini tengah bermimpi dapat berkunjung kenegeri ginseng itu. Selain ingin mendalami budaya Korea dari dekat, juga bertemu dengan para penulis novel fiksi atau pemain drama lain yang Selma ini menjadi pujaannya. “Mudah mudahan saja segera terwujud,” cetusnya penuh harap. (ns/agita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *