IMG_0524

Jurusan Pendidikan IPS Online – 14 Agustus 2017 pukul 08.00 s/d 10.00 WIB pembukaan praktikum IPS terpadu tahun ini diawali oleh sambutan ketua jurusan pendidikan IPS Bapak Dr. Iwan Purwanto, M.Pd yang kemudian dilanjutkan oleh pengelola setempat yang disebut POK DARWIS (Kelompok Sadar Wisata) desa Nglanggeran dan dihadiri langsung serta membuka secara resmi praktikum kami kali ini oleh bapak kepala desa Nglanggeran Bapak Senen serta perwakilan dari camat Patuk kab. Gunung Kidul – D.I. Yogyakarta. Setelah pembukaan, kamipun bersiap-siap untuk mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia dan pengelola setempat.  Tidak berlama-lama sekitar pukul 10.00 WIB kamipun berangkat menuju tempat pengolahan Kakau yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat pembukaan.

IMG_0360Pabrik Pengolahan kakau milik warga ini adalah tujuan pertama kami dari beberapa tempat yang akan kami tuju berikutnya, tempat pengolahan kakau ini terletak disebelah barat desa nglanggeran. Dikelola, diproduksi dan didistribusikan langsung oleh warga desa, buah kakau didapat dari petani-petani kakau desa itu sendiri, disini banyak pengetahuan dan keterampilan yang kami dapat, termasuk berkesempatan untuk membuat kakau menjadi coklat yang siap komsumsi. Produk-produk dari pengolahan kakau ini diantaranya coklat padat, coklat cair, coklat bubuk serta banyak lainnya, yang semuanya siap konsumsi. Setelah mengunjungi pengolahan kakau kurang lebih satu jam kamipun bersiap-siap munuju tempat berikutnya.

IMG_0377IMG_0412IMG_0392

IMG_0518Sekitar pukul 11.00 WIB kami berangkat ke tempat perkebunan kakau milik warga desa, disini kami diberikan informasi mengenai cara menanam kakau dari mulai biji sampai kakau siap panen. Kamipun diberikan informasi mengenai merawat tanaman kakau agar kualitas buahnya tetap terjaga, karena menurut informan kami “kakau yang baik dan berkualitas akan menghasilkan coklat yang baik dan berkualitas pula”, dari tanaman kakau ini kami dapat satu pelajaran hidup bahwa jika hidup ini baik tentunya dapat yang terbaik pula. Inilah hukum sebab akibat yang tidak bisa dihindari. Seusai dari perkebunan kakau, kami bersiap-siap untuk menuju tempat berikutnya, akan tetapi waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB yang artinya kami harus istrirahat untuk melaksanakan shalat dan makan siang. Waktu istirahat yang diberikan panitia kurang lebih 2 jam, itu waktu yang cukup untuk sejenak merebahkan badan dari lelahnya perjalanan Jakarta-Jogja dan kegiatan kami yang padat ini.

IMG_0582Setelah cukup beristirahat kamipun melanjutkan perjalanan ketempat pengolahan susu kambing yang juga dikelola oleh warga nglanggeran, meski lelah dan terasa capek, tapi melihat kegiatan yang luar biasa ini rasa lelah itupun sekejap hilang oleh rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang lebih besar. Sekitar pukul 14.00 WIB kami menuju tempat pengolahan susu kambing yang terletak tidak begitu jauh dari homestay kami, kami berangkat menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh pengelola setempat, sesampainya disana kami diberikan informasi tentang pengolahan susu kambing dan informasi mengenai kambing berjenis etawa ini. Kami juga diberi kesempatan untuk memerah langsung kambing yang sudah siap dan dipersiapkan warga, serta melihat langsung pengolahan dari susu yang diambil dari kambing hingga siap komsumsi.

IMG_0568 IMG_0609

IMG_0660Seusai dari tempat pengolahan susu kambing etawa kamipun segera bergegas menuju tempat berikutnya, sekitar pukul 15.00 WIB kami sudah berada diatas kendaraan yang mengangkut kami semua ke tempat pengrajin kayu, tempatnya sedikit agak jauh karena lokasinya di dusun yang berbeda, sekatar 10 menit jarak tempuh antara tempat pengolahan susu dan pengrajin kayu ini, tidak kalah dari tempat-tempat sebelumnya, tempat inipun membuat kami takjub, kami diberikan kesempatan melihat langsung pengololahan kayu yang mana sebagian orang menganggap kayu hanya untuk bahan bangunan saja, tapi ditempat ini kayu diolah menjadi barang seni yang bernilai tinggi. Tempat pengrajin ini memproduksi berbagai produk dari kayu barupa topeng yang diperuntukan tari topeng, souvenir-souvenir yang menarik serta berbagai kerajinan lainnya yang terbuat dari kayu. Tidak terasa waktu sudah menjelang petang kamipun bersiap-siap kembali ke homestay untuk mempersiapkan kegiatan berikutnya di esok hari.

IMG_0641IMG_0658IMG_0674

Hari ini banyak pelajaran yang diperoleh disini, empat lokasi yang kami kunjungi hari ini begitu menakjubkan dan membuat kami kagum, begitu hebatnya warga desa disini memanfaatkan alam dan kekayaannya. Hal inilah yang tidak kami dapatkan di kelas dan diperkuliahan, karena disini kami bisa belajar langsung, berdiskusi, tanya jawab dan mempraktekannya langsung, agar kami tidak hanya faham teori saja tapi tau kondisi yang ada dilapangan. Semoga hari esok akan lebih hebat dan lebih manarik lagi (Bersambung). (Admin/I-M)

GALERI FOTO PRAKTIKUM IPS TERPADU 2017 (GUNUNG KIDUL, DIY, 13-16/08/2017)
Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *