Jonathan Alfrendi

“Pendidikan itu bisa membawa orang dari gelap menjadi terang, pendidikan itu menurutku cara ampuh menerangi kegelapan fikiran dan hati”

“Aku meyakini bahwa, setiap anak memiliki kebiasaan yang unik, bakat yang unik dan potensi yang unik sehingga tugasku disini sebagai pengajar mereka harus tau apa latar belakang mereka dari mana mereka berasal dan apa potensi mereka, sehingga ketika aku mengajar disekolah aku sudah faham betul dan memberikan yang terbaik untuk mereka”

Sebuah pengabdian untuk ibu pertiwi dimulai dari sini, sebuah pengalaman berharga yang akan jadi cerita selamanya,  selamat pagi, salam semangat dari kami warga di selatan negeri, seperti inilah hari-hariku diwarnai kecerian dan canda tawa malaikat-malaikat kecil, tepat satu bulan sudah aku masuk dikehidupan anak-anak ajaib pulau Raijua Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namaku Jonathan Alfrendi Simanjuntak aku Alumni Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidyatullah Jakarta pada tahun 2016, aku juga pengajar muda di Sekolah Dasar (SD) Lokojuli Desa Kolorae, Sabu, Raijua – NTT, aku tergabung dalam program Indonesia Mengajar sebuah gerakan penempatan Sarjana menjadi guru Bantu selama 1 Tahun di seluruh pelosok Nusantara, sebelum menjadi pengajar muda, aku adalah salah satu pengajar di salah satu sekolah swasta di Tangerang, Banten. Aku juga sempat aktif di komunitas mengajar. Di SDN Lokojuli ini aku mendapatkan tugas menjadi guru Ilmu Pengetahuan Sosial, bisa kubilang ini keberuntungan karena sesuai dengan bidangku. Dibenaku anak muridku ini tumbuh diantara alam indah dan mempesona, jadi tak salah belajar langsung dengan lingkungan bumi Raijua.

Selain medan dan unik dan menantang disini tugasku disini cukup berat, Pertama Raijua merupakan lokasi tempat penempatan baru Indonesia Mengajar, Kedua masalah klasik masih membelit di desa ini, mulai dari kurang pedulinya warga terhadap pendidikan hingga kurang disiplinnya siswa ke sekolah. Meski banyak pekerjaan rumah yang harus ku selesaikan, namun setidaknya ada satu hal yang mampu membuatku tersenyum ….. . (Jonathan)

Lihat selengkapnya kisahku pada video dibawah ini: